Minggu, 26 Maret 2023

Gagal Ginjal Kronis dan Binder


Bila gagal ginjal kronis sudah mencapai stadium 5 dan melakukan dialysis maka kita mulai menggunakan binder fosfor. Digunakannya binder fosfor ini dikarenakan ginjal sudah tidak lagi mampu mengelola fosfor. Walaupun demikian binder fosfor ini digunakan sesuai dengan anjuran dari dokter dan disesuaikan dengan hasil lab darah calcium dan fosfor masing-masing pasien.

Binder fostor tidaklah dicover oleh bpjs, sehingga kita biasanya sebagai pasien mandiri untuk membeli sendiri. Walaupun kadang bjps bisa memberikan binder fosfor namun sifatnya jangka pendek hanya untuk beberapa hari.

Adapun jenis binder yang lain yaitu binder kalium. Binder kalium ini dipergunakan bila seorang pasien gagal ginjal kronis memakan buah-buahan atau sayuran yang mengandung kalium tinggi dan menyebabkan sesak nafas atau gejala lain yang mengarah pada gejala kalium tinggi.

Namun untuk binder kalium saat artikel ini ditulis tidak mudah untuk mencarinya terutama di daerah Bandar Lampung.

Binder fosfor ada berbagai macam digunakan sesuai kebutuhan pasien. Bila kadar fosfor dalam darah kita tinggi, biasanya gatal-gatal di tubuh tidak bisa dihindari. Fosfor ini banyak terdapat di roti, susu, biskuit, makanan kemasan, dsb. Menurut pendapat saya pribadi binder fosfor wajib digunakan bila sudah mengalami gagal ginjal kronis stadium 5, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari yang berkaitan dengan PTH ( paratiroid hormon ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Tentang Aku dan Air Part 2

 Tgl 28 Juni 2023 kemarin