Rabu, 17 Mei 2023

Keluhan di Stadium 4 Natrium dan Kalium serta HB juga Albumin

Ketika saya pas di stadium 4 Gagal Ginjal, awal saya natrium cenderung rendah, hb juga turun, serta kadar kalium yang rendah. Di awal-awal stadium 4 Hb ini membutuhkan epo, tapi sekali suntik misalkan eprex saya bisa bertahan sampai 6bulan sd 1th. Ketika semakin mendekati fase stadium 5, suntikan epo semakin sering, akhirnya menggunakan hemapo atau renogen, ini bisa bertahan seminggu sekali.


Untuk natrium ketika memang drop sampai ke level 110an biasanya saya rawat inap di rumah sakit, untuk mendapatkan infus sodium agar level natrium saya kembali normal di 137, tapi pada prakteknya natrium saya biasanya hanya di level 130an bahkan kurang. Awal stadium 4, saya mungkin dirawat di rumah sakit bisa 1 th sekali semakin lama semakin sering mulai dari 6 bulan lalu 3 bulan dan akhirnya tiap bulan harus dirawat di rumah sakit karena kadar natrium drop.

Untuk kadar Albumin, hanya terakhir-terakhir saya pantau, drop jauh di 2,1 hingga mendapatkan infus albumin pada saat itu menggunakan Grifols namun tetap tidak naik, hanya naik 0,1 ini ketika sudah 2 bulan menjelang cuci darah.

Kadar kalium di awal saja pernah rendah di 2koma sekian sampai menggunakan obat vitamin buat kalium aspar k atau KSR. Tapi hanya sebentar, ketika stadium 4 karena saya belum terlalu dibatasi soal buah, ya saya bisa memenuhi kadar kalium saya dari buah dan sayur yang saya makan namun tidak melebihi batas kadar kalium saya.

Ketika kadar natrium di 110 atau bahkan kurang pernah mengakibatkan saya sampai ke level "gak sadar", jadi apa yang saya bicarakan atau lakukan ngaco deh pokoknya. Sampai sempat saya beranggapan jangan-jangan orang gila yang di jalanan bisa jadi orang yang kekurangan natrium sehingga dia "gak sadar".

Kalau kalium cenderung lemas bila drop kadarnya, kalau hb juga bila drop jadi lemas, mual, gak nafsu makan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Tentang Aku dan Air Part 2

 Tgl 28 Juni 2023 kemarin