Senin, 15 Mei 2023

Cerita Awal Aku Didiagnosa Gagal Ginjal Stadium 4


20 Maret 2018 adalah hari pertama aku didiagnosa gagal ginjal dokter di rumah sakit Mahkota Melaka sudah menduga ini adalah gagal ginjal kronis namun demikian dia masih bilang siapa tau ini akut. Mari kita coba untuk diobati terlebih dahulu. 

Kenapa saya ke Rumah Sakit Mahkota Melaka? Karena sebelum kakekku seminggu menjelang dia meninggal, dia berpesan kepada saya untuk coba check up ke sana. Aku berawal dari aku biasa makan pedas dan tidak mencret, tetapi pada saat itu sering sekali aku abis makan pedas dan mencret. Dengan berbekal hasil di lampung yang sudah melakukan tindakan endoskopi. Ketika itu hari pertama sampai disana aku langsung bertemu dengan dokter penyakit Dalam yaitu Chow Ken Tek. Dokter ini sangat teliti sekali. Pertama kali aku bertemu dia menginformasikan aku tentang ada masalah di ginjalku, dan dia merekomendasikan temannya yaitu dokter Yew Shiong Shiong.

Dokter Yew Shiong Shiong adalah dokter yang ok menurutku untuk penanganan di penyakit Ginjal khususnya. Aku ada beberapa kali berobat ke dia, karena awal harapanku adalah bisa sembuh. Oya aku lupa bercerita, ketika awal aku divonis gagal ginjal aku masih santai, tidak terlalu berpikir yang gimana-gimana, makanpun baru besoknya mulai start diet protein. Namun di hari aku didiagnosa aku masih makan seperti biasanya.

Kena gagal ginjal kronis di stadium 4 dengan fungsi eLFG {CKD-EPI} di kisaran 15 sd 29 ml/menit/1.73m2. Si ELFG ini tidak bisa melebihi 30, namun naik turun saja. Kreatinin awal didiagnosa adalah 2.5 an dan pelan-pelan naik 3, 4, 5, 6 ,7 ,8 dst sampai dengan kreatinin 10 koma.

Saya di stadium 4 ini mengalami selama dari 20 maret 2018 sd 19 April 2022. Di 19 April 2022 aku sudah di rumah sakit untuk bersiap Cuci Darah. Di tgl 19 ini tidak bisa dilakukan cuci darah karena tensinku terlalu tinggi. Dan Akhirnya di tanggal 20 April 2022 adalah pertama kalinya aku cuci darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Tentang Aku dan Air Part 2

 Tgl 28 Juni 2023 kemarin