Sabtu, 25 Maret 2023

Penyakit Ginjal Yang Umum Terjadi


Tahukah Anda bahwa ada 2 jenis sakit ginjal secara umum? Banyak masyarakat Indonesia pada umumnya menganggap bahwa sakit ginjal ya sakit ginjal tetapi tidaklah spesifik. Penyakit pada ginjal ada 2 jenis yaitu Gagal Ginjal Kronis dan Gagal Ginjal Akut.

Gagal Ginjal Kronis adalah gagal ginjal yang menahun dan tidak bisa disembuhkan, setidaknya sampai saat artikel ini ditulis. Sedangkan gagal ginjal akut adalah gagal ginjal yang menyerang tiba-tiba dan bisa disembuhkan.

Baik gagal ginjal kronis maupun akut yang cuci darah atau hemodialisa, bila kronis selamanya tetapi pada akut bisa saja hanya beberapa saat saja.

Kesadaran akan kesehatan ginjal masih sangat rendah. Kita banyak sekali mengkonsumsi makanan-makanan kemasan tanpa memikirkan efek sampingnya. Kita banyak sekali mengkonsumsi protein daging hewan bahkan hewan-hewan yang dulu tidak dikonsumsi sekarang dikonsumsi. Tuhan sudah menciptakan tubuh kita secara sempurna, hanya saja kita yang menggunakannya "overuse". Contoh kita makan daging-dagingan yang sangat berlebihan, kita tidak sadar bahwa tubuh kita ada batas protein yang bisa kita kelola, dan bila hal ini berlangsung terus menerus tentu akan merusak organ ginjal dan lainnya.

Gagal ginjal kronis pada umumnya terjadi karena kasus diabetes dan tekanan darah tinggi, asam urat, auto imun. Yang terbanyak adalah karena diabetes tidak terkontrol atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

Bila gagal ginjal kronis stadium 5 ini membutuhkan terapi cuci darah, bila yang gagal ginjal akut sesuai dengan anjuran dokter tentunya untuk terapi dialisis / cuci darah / hemodialisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Tentang Aku dan Air Part 2

 Tgl 28 Juni 2023 kemarin