Sabtu, 20 Mei 2023

Akses HD Hemodialisa Cuci Darah


Bila sudah Gagal Ginjal Stadium 4 kita harus bersiap pembuatan akses hemodialisa. Biasanya ketika sudah ada gejala kreatinin mencapai 6 sebaiknya kita sudah membuat akses cimino, karena cimino baru bisa digunakan setelah satu bulan setelah pembuatannya, idealnya 1,5 bulan. Bila tidak kita buat, akan membuat kita akan mengalami akses V femoral melalui paha atau CDL dari leher. V Femoral biasanya membuat sakit di awal tusukan dan sesudah HD biasanya timbul benjolan bengkak, CDL biasanya suka infeksi.

Pada umumnya kita sebagai penyintas GGK baiknya akses ciminolah yang terbaik, karena bisa digunakan seumur hidup selama kira rawat dengan baik. Cimino dioperasi bisa di tangan kanan atau tangan kiri kita. Dan pada saat operasi dilakukan hanya dilakukan bius lokal, demikian juga CDL non permanen biasanya bius lokal.

Ada juga CDL yang permanen bisa digunakan 2 sd 3 tahun ( klaim 5 th ) tapi biasanya orang-orang tidak berani terlalu lama kuatir lengket dan ketika sudah mencapai 2 atau 3 th diganti lagi dengan yang baru.

Jadi yang terbaik adalah persiapan sebelum HD adalah akses HD itu sendiri, memang kadang tidak jarang kasus GGK begitu ketahuan langsung stadium 5 dan membutuhkan segera, biasanya orang pasang CDL dan melakukan operasi cimino. Tapi bila memang sudah stadium 4 dan kreatinin mulai naik menjulang tinggi segeralah buat akses HD nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Tentang Aku dan Air Part 2

 Tgl 28 Juni 2023 kemarin